Diberdayakan oleh Blogger.

Penyebab Ketombe Di Kulit Kepala

Image and video hosting by TinyPic
Penyebab ketombe di kulit kepala - memiliki ketombe di kulit kepala itu memang kadang bikin bete. Ketombe yang ada dikepala saat disisir akan berjatuhan seperti salju yang jatuh kemudian menempel pada baju apalagi jika baju yang kita pakai berwarna gelap, ketombe yang jatuh akan sangat kentara. Selain itu rasa gatal akibat ketombe yang ada dikulit kepala menyebabkan rasa gatal dan mau tidak mau harus digaruk, dan tindakan ini bisa saja membuat luka di kulit kepala. 
Kadangkala kita menjadi bingung apa sebenarnya yang menjadi penyebab ketombe di kulit kepala. Padahal kita sudah rajin keramas dan menggunakan shampoo yang diklaim bisa membasmi ketembo dikulit kepala, dan bahkan diklannya dinyatakan bahwa dengan shampoo tersebut ketombe tidak akan muncul kembali. 


Seperti yang dilansir pada mayoclinic, ada beberapa penyebab ketombe pada kulit kepala. Munculnya ketombe pada kulit kepala dapat disebabkan oleh kondisi berikut.
  • Kulit Kepala Kering 
Kondisi kulit kepala yang kering ini biasanya terjadi pada saat musim dingin, keringnya kulit kepala ini  menjadi penyebab umum gatalnya kulit kepala, dan pengelupasan ketombe. Serpihan yang jatuh biasanya lebih kecil dan kurang minyak dibandingkan dengan ketombe yang timbul dari penyebab lainnya. 
  • Iritasi Kulit
 Iritasi kulit, berminyak (dermatitis seboroik). kondisi ini merupakan penyebab ketombe yang paling sering dijumpai. Ditandai dengan kulit kepala yagn memerah, ditutupi dengan gumpalan sisik putih atau berwarna kuning.
Dermatitis seboroik dapat mempengaruhi tidak hanya kulit kepala Anda, tetapi juga daerah-daerah lain yang kaya kelenjar minyak, seperti alis Anda, sisi hidung dan bagian belakang telinga Anda, dada Anda, daerah pangkal paha Anda, dan kadang-kadang ketiak Anda.
  • Jarang keramas
Jika anda termasuk orang yang malas keramas, maka dapat dipastikan bahwa minyak dan sel-sel kulit mati akan menumpuk dan menggumpal hingga menyebabkan ketombe pada kulit kepala anda.
  •  Sensitivitas terhadap produk perawatan rambut
Terkadang sensitivitas terhadap bahan tertentu dalam produk perawatan rambut atau pewarna rambut, terutama parafenilena diamina (PPD), dapat menyebabkan merah gatal pada kulit kepala. Keramas terlalu sering atau menggunakan produk styling terlalu banyak juga bisa membuat iritasi kulit kepala anda, yang menyebabkan ketombe. jadi kita harus benar-benar hati-hati dalam memilih produk perawatan untuk rambut dan kulit kepala kita, karena jika salah memilih selain menyebabkan ketombe juga bisa menyebabkan rambut kering.
  • Jamur
Sebuah ragi-seperti jamur (Malassezia). Malassezia hidup di kulit kepala orang dewasa yang sehat tanpa menyebabkan masalah. Tapi kadang-kadang tumbuh di luar kendali, memberi makan pada minyak yang dikeluarkan oleh folikel rambut anda. Hal ini dapat mengiritasi kulit pada kulit kepala Anda dan menyebabkan sel-sel kulit untuk tumbuh. Sel-sel kulit ekstra mati dan rontok, penggumpalan dengan minyak dari rambut dan kulit kepala, membuat mereka tampak putih dan bersisik di rambut atau pakaian Anda. Paling sering letusan ini identik dengan atau mirip dermatitis seboroik. 

Itulah beberapa penyebab ketombe pada kulit kepala. Jika kita search di internet mungkin kita bisa menemukan lebih banyak lagi penyebabnya seperti diet, stres dan gangguan hormon. Jika banyak orang yang beranggapan bahwa ketombe adalah sejenis binatang putih yang bisa bergerak, itu salah karena ketombe hanya merupakan sel kulit mati yang menumpuk di kulit kepala.





image : source


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar